Hati-hati! Begini Modus Bos Paksa Karyawan Tidur Bareng

Sejumlah karyawan melewati jembatan penyeberangan orang (JPO) di kawasan Sudirman, Jakarta, Selasa (29/11/2022). Kepala Disnakertrans provinsi DKI Jakarta Andri Yansyah mengungkapkan kenaikan UMP 2023 DKI Jakarta sebesar 5,6% ke Rp 4.901.798.  (CNBC Indonesia/Tri Susilo)

Praktik kekerasan seksual terhadap pegawai perempuan di tempat kerja nyatanya sudah kerap terjadi di berbagai tempat, khususnya kepada buruh pabrik. Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal mengungkapkan bahwa praktik itu banyak terjadi di bawah perusahaan outsourcing.

Dalam beberapa kasus, umumnya oknum atasan yang terlibat berasal dari agen outsourcing, bukan dari perusahaan tempat Ia ditugaskan. Namun, jumlah atasan yang melakukan hal tersebut tidak sedikit. Ia pun mengungkapkan modusnya.

“Outsourcing dia bukan karyawan perusahaan itu, dia karyawan dari outsourcing. Agen yang merekrut karyawan kadang nakal, yang cantik ditandai. Ada satu perusahaan saya temui kalau dia cantik pasti lolos, jadi gak diliat latar belakang, pendidikan, kecerdasan, dan si agen outsourcing oknumnya udah tandain,” katanya dalam konferensi pers, Senin (8/5/2023).

Selain itu, dia mengklaim bahwa ada permintaan uang dari para agen kepada calon karyawan yang ingin bekerja. Jika tidak, peluang untuk bekerja bisa semakin menipis.

“Jahatnya outsourcing itu, udah diminta Rp 3 juta sampai Rp 4 juta, yang kedua secara sosial perempuan cantik yang mau jadi buruh ditandai, praktek itu banyak,” lanjutnya.

Ia menduga kekerasan perempuan yang dialami sejumlah buruh wanita belakangan terjadi dilakukan oleh atasan yang berasal dari agen outsourcing, bukan dari manajemen perusahaan dimana pegawai ditempatkan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*