Ikan yang Ngomongnya Berhenti-Berhenti Viral, Ini Salahnya

SOUTH GEORGIA AND THE SOUTH SANDWICH ISLANDS - 2022/11/21: Humpback whales (Megaptera novaeangliae) off the coast of South Georgia Island, Sub-Antarctica. (Photo by Wolfgang Kaehler/LightRocket via Getty Images)

Warganet di media sosial ramai membicarakan pertanyaan tebak-tebakan “ikan yang ngomongnya berhenti-berhenti”. Namun meskipun hanya candaan, ada fakta yang salah soal jawaban pertanyaan “ikan yang ngomongnya berhenti-berhenti.”

Jawaban dari pertanyaan “ikan yang ngomongnya berhenti-berhenti” sangat simpel, yaitu “ikan pause”. Jawaban ini adalah permainan kata dari kesamaan bunyi paus dan pause, yang dalam bahasa inggris berarti berhenti.

Namun ada fakta yang salah dari jawaban pertanyaan tersebut karena paus bukan ikan, melainkan mamalia seperti manusia.

Selain bukan ikan, masih https://apkdwslot88.com/ banyak fakta lain yang menarik soal paus. Berikut beberapa di antaranya:

1. Hewan terbesar di Bumi

Paus adalah hewan paling besar di Bumi yang hidup di semua samudra. Ukurannya paus beragam, mulai dari paus sperma kerdil yang beratnya hanya sekitar 270 kilogram hingga sang raksasa, paus biru.

Berat badan paus bisa melampaui 150 ton setara dengan 24 gajah afrika. Panjang badan paus biru bisa mencapai 100 kaki yaitu sepanjang lapangan basket.

2. Bukan ikan

Paus bukan ikan, melainkan mamalia. Tidak seperti ikan yang berdarah dingin, darah yang mengalir di tubuh paus hangat. Perbedaan lainnya adalah paus bernapas menggunakan paru-paru, sedangkan ikan menggunakan insang untuk memisahkan udara dari air.

Karena mamalia, paus melahirkan anak dan mengasuhnya hingga usia dewasa. Ekor paus juga berbeda dengan ikan yang bergerak dari sisi ke sisi. Paus menggerakan ekornya ke atas dan ke bawah.

Menurut ahli, paus biru bisa menjelma menjadi mamalia berukuran terbesar di Bumi karena habitatnya di air. Tulang mamalia darat tidak bisa menantang gravitasi dan menopang ukuran tubuh terlalu berat, sedangkan paus biru bisa terus tumbuh karena “mengambang” di air.

3. Dua jenis gigi

Secara garis besar, ada dua macam paus yaitu yang memiliki gigi dan yang memiliki balin. Paus bergigi memburu mangsanya di laur, mulai dari ikan hingga anjing laut. Paus sperma, lumba-lumba, duyung, hingga orca termasuk kelompok paus bergigi.

Balin adalah tulang penyaring menyerupai jumbai kuku yang tumbuh dari rahang atas mereka yang digunakan untuk menyaring makanan dari air. Paus biru termasuk dalam kelompok ini bersama paus bungkuk. Paus jenis ini memakan hewan laut kecil yang menyerupai udang, yaitu krill.

4. Mamalia penyanyi

Paus menghasilkan suara yang bisa didengar hingga berkilometer di bawah permukaan laut. “Lagu” yang dinyanyikan paus adalah kombinasi dari erangan, lolongan, dan teriakan yang bisa berlangsung hingga berjam-jam. Suara ini dihasilkan saat paus mendorong udara di dalam kepala mereka, kemudian volumenya diperkuat lewat lemak di rahang atas paus.

Suara ini, menurut ahli, adalah cara paus berkomunikasi. Jangkauan suara yang berkilometer penting bagi paus yang bermigrasi berkeliling dunia. Bahkan, paus abu-abu setiap tahun menempuh 16.000 kilometer dari samudra ke samudra.

5. Terancam punah

Banyak spesies paus yang terancam punah. Penyebabnya adalah perburuan paus, yang sampai saat ini masih legal di beberapa negara. Beberapa spesies paus yang populasinya nyaris punah adalah paus biru, paus sikat, dan paus sirip.

Selain perburuan, banyak paus yang mati karena terperangkap jaring nelayan atau tertubruk kapal di lautan lepas.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*