Investor Ogah Bakar Duit, Ini Kriteria Startup yang Dilirik

foto : Freepik

Ada beberapa kriteria yang dilihat investor saat akan menanam modal di sektor edu-tech dan startup secara keseluruhan. Managing Partner MDI Ventures Singapore Kenneth Li mengatakan setidaknya ada 3 kriteria yang dilihat oleh investor.

Menurut Kenneth, sektor manapun yang mereka lihat adalah perusahaan yang cukup konsisten dari segi ukuran dan pertumbuhan pasar.

“Jadi mungkin sekarang kecil (pasarnya), tapi growing secara signifikan atau market sekarang sudah besar tapi growing secara stabil,” kata dia dalam Profit di CNBC Indonesia, Senin (8/5/2023).

Kemudian yang dilihat para investor adalah si pendiri startup itu sendiri. Mereka mencari pendiri atau founder yang paham dengan segmen dan apa yang mereka kerjakan.

Sebab jika para founder paham medan seperti apa yang mereka kerjakan, ke depannya eksekusi pasti akan lebih baik.

Mereka juga melihat unit ekonomi yang solid dan model bisnis startup itu sendiri.

“Eksekusi ini bukan cuma only by the founders it self but the team yang dibangun,” kata dia.

“Itu yang mungkin kita lihat di awal, 3 ini jadi penentu startup bisa move to the next step atau ngga,” imbuhnya.

Di MDI, untuk mencegah agar startup tidak bakar uang, mereka punya strategi growth at reasonable cost atau tumbuh secara rasional, bukan growth at all cost. “Ebitda positif tanpa growth juga tidak akan menarik bagi kita. Jadi kita liat growth rate yg kita comfortable dan juga apabila masih negatif kita liat level negatifnya seperti apa.” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*