Takdir Memang Misteri: Camilla Dulu Simpanan, Sekarang Ratu

LONDON, ENGLAND - MAY 06: Queen Camilla is crowned with Queen Mary's Crown by The Archbishop of Canterbury the Most Reverend Justin Welby during the Coronation of King Charles III and Queen Camilla on May 6, 2023 in London, England. The Coronation of Charles III and his wife, Camilla, as King and Queen of the United Kingdom of Great Britain and Northern Ireland, and the other Commonwealth realms takes place at Westminster Abbey today. Charles acceded to the throne on 8 September 2022, upon the death of his mother, Elizabeth II. (Photo by Yui Mok - WPA Pool/Getty Images)

Upacara penobatan Raja Charles III sebagai pemimpin kerajaan Inggris berlangsung dengan megah di London pada Sabtu (6/5/2023). Bersamaan dengan penobatan Raja Charles III, istri Sang Raja, Camilla, juga resmi dinobatkan sebagai Ratu.

Ia memakai mahkota yang dibuat oleh Garrard untuk Ratu Mary, yang juga seorang Permaisuri dan dimahkotai bersama Raja George V pada tahun 1911. Usai dimahkotai, Camilla bersanding dengan Raja Charles III.

Mahkota itu terdiri dari bingkai perak, dilapisi dengan emas, dan bertatahkan sekitar 2000 berlian.

Penobatan Camilla sebagai Ratu merupakan sejarah sekaligus transformasi yang luar biasa. Sebab, kehadiran Camilla di keluarga kerajaan Inggris sempat menuai kontroversi.

Ketika menikah dengan Charles pada 2005, masyarakat berpendapat bahwa Camilla tidak akan diberi gelar Ratu saat suaminya naik takhta.

Asumsi tersebut menguat sejak adanya dugaan kasus perselingkuhan antara Pangeran Charles dan Camilla yang sudah berlangsung sejak lama. Terlebih Putri Diana, dalam sebuah interview, menyebutkan ada orang ketiga dalam pernikahannya dengan Pangeran Charles.

Camilla dan suami pertamanya, Andrew Parker-Bowles, bercerai pada 1995, tak lama setelah Charles mengaku dalam sebuah wawancara televisi bahwa dia menjalin hubungan dengan Camilla.

Setahun setelah wawancara yang menghebohkan publik tersebut, Pangeran Charles dan Putri Diana bercerai. Pada tahun 1997, masyarakat dunia berduka ketika Putri Diana meninggal dalam kecelakaan mobil. Camilla dan Charles menunggu hingga 2005 untuk menikah dalam upacara sipil pribadi yang sederhana.

Setelah menikah, Camilla tidak diberi gelar Princess of Wales karena gelar itu dinilai sudah sangat dekat dengan Putri Diana.

Namun, Camilla memenangkan dukungan publik dan intervensi mendiang Ratu Elizabeth II pada Februari 2022. Pada saat itu, Ratu Elizabeth II meminta publik untuk menyebut Camilla sebagai Permaisuri. Hal itulah yang menjadi dasar dukungan bagi Camilla.

Pernyataan resmi mendiang Ratu Elizabeth II itu pun langsung menghentikan spekulasi dan kontroversi tentang Camilla di tengah naiknya tahta putra mahkota Pangeran Charles.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*